2 Contoh Proposal Desa Sosialisasi PKTD dan PKB

0
Pada kesempatan kali ini kita akan membahas contoh proposal kegiatan desa. Kegiatan yang akan dilaksanakan adalah kegiatan sosialisasi PKTD. Salah satu tujuan dari dibuatnya proposal kegiatan adalah untuk menjaga ketertiaban administrasi dan keformalan kegiatan.
Baca juga:
proposal kegiatan desa sosialisasi

Berikut ini contoh proposal desa sosialisasi PKTD.

Download Contoh Proposal Kegiatan Desa Sosialisasi PKTD.
A. Latar Belakang
PKTD atau padat karya tunai desa merupakan salah satu program kementrian desa di Indonesia. PKTD ini menjadi salah satu program yang berhak mendapatkan alokasi dana dari dana desa. Tujuan dibentuknya program PKDT ini adalah untuk memberdayakan pertumbuhan ekonomi di tingkat desa.
Pada tahun 2020 ini bersamaan dengan menyebarnya virus corona menjadikan program PKDT ini sebuah prioritas bagi pemerintahan desa. Karena telah kita ketahui bersama bahwa menyebarnya virus corona ini menimbulkan dampak negatif kepada pertumbuhan ekonomi.
Maka dari itu, berdasar pada surat edaran kementrian desa yang menyatakan bahwa PKTD ini harus menjadi prioritas, kami menganggap perlu mengadakan sosialisasi perihal PKTD yang akan dilaksanakan di desa Padarame ini.
B. Tujuan

Berikut ini tujuan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi PKTD.
1. Mensosialisasikan program PKTD agar dapat dipahami masyarakat.
2. Mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat melalui PKTD.
3. Meningkatkan ketahanan ekonomi masyarakat melalui PKTD.
C. Nama dan Tema Kegiatan

Nama kegiatan ini adalah Sosialisasi PKTD (Padat Karya Tunai Desa) dengan tema kegiatan yaitu menumbuhkan, meningkatkan, dan memberi stimulus untuk perekonomian desa melalui PKTD.
D. Waktu dan Tempat Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan Sosialisasi PKTD ini akan diadakan pada hari Kamis, 6 Agustus 2020 bertempat di Gedung Serbaguna Desa Padarame.
E. Agenda Kegiatan

Berikut ini agenda kegiatan pada kegiatan Sosialisasi PKTD.
1. Penyampaian Materi dari Pendamping PKTD desa Padarame
2. Musyawarah pelaksanaan program PKTD
F. Peserta Kegiatan

Kegiatan Sosialisasi PKTD ini akan melibatkan seluruh elemen masyarakat dalam bentuk perwakilan. Semua lembaga atau kelompok yang ada di desa Padarame akan dilibatkan seperti perwakilan ulama, RT, RW, kepemudaan, LSM, dan Bumdes.
G. Panitia Kegiatan

Berikut ini susunan panitia pada kegiatan Sosialisasi PKTD. Lebih lengkapnya silakan download pada link di atas.
H. Anggaran Biaya

Berikut ini anggaran biaya direncanakan oleh kepanitiaan. Lebih lengkapnya silakan download pada link di atas.
I. Penutup

Kegiatan Sosialisasi PKTD ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah desa dalam menyikapi instruksi dari kementrian desa. PKTD itu sendiri merupakan salah satu program desa yang pada masa pandemi ini menjadi prioritas. Karena PKTD ini merupakan program yang dapat mendongkrak perekonomian desa secara mandiri.
Proposal Sosialisasi Program Keluarga Berencana (PKB) di Desa
I. Latar Belakang
Di Desa [nama desa], tingkat pengetahuan dan partisipasi masyarakat terhadap Program Keluarga Berencana (PKB) masih rendah. Hal ini mengakibatkan angka kelahiran yang tinggi dan berdampak pada kesejahteraan keluarga serta pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan.
II. Tujuan
1. Menyosialisasikan Program Keluarga Berencana (PKB): Mengedukasi masyarakat tentang manfaat PKB dalam perencanaan keluarga, kesehatan ibu dan anak, serta pembangunan ekonomi.
2. Mendorong Partisipasi Aktif Masyarakat: Mengajak masyarakat untuk terlibat aktif dalam kegiatan PKB, termasuk pelayanan kesehatan reproduksi.
3. Mengurangi Angka Kelahiran Tidak Terencana: Menyasar keluarga untuk meningkatkan kesadaran akan perencanaan keluarga demi kualitas hidup yang lebih baik.
III. Kegiatan
1. Pembuatan Materi Edukasi: Membuat brosur, leaflet, dan poster yang informatif mengenai PKB, termasuk cara akses pelayanan kesehatan reproduksi.
2. Sosialisasi Door to Door: Tim sosialisasi akan mengunjungi rumah-rumah penduduk untuk memberikan informasi dan mengadakan diskusi terbuka tentang PKB.
3. Workshop dan Pelatihan: Mengadakan workshop untuk kader masyarakat tentang cara menyampaikan informasi PKB secara efektif kepada masyarakat.
4. Kerjasama dengan Puskesmas: Mengajak petugas kesehatan dari Puskesmas setempat untuk memberikan penyuluhan langsung tentang pelayanan PKB.
IV. Sasaran
1. Keluarga muda dan berusia subur.
2. Kelompok perempuan dan ibu rumah tangga.
3. Remaja dan pemuda desa.
V. Anggaran
Biaya | Rincian
—|—
Transportasi Tim Sosialisasi | Rp 2.000.000
Pembuatan Materi Promosi | Rp 1.500.000
Honorarium Narasumber Workshop | Rp 1.000.000
Sewa Tempat Workshop | Rp 500.000
**Total** | **Rp 5.000.000**
VI. Monitoring dan Evaluasi
Setiap dua bulan sekali, akan dilakukan evaluasi terhadap kegiatan sosialisasi PKB untuk memastikan efektivitas dan perbaikan yang diperlukan.
VII. Kesimpulan
Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan masyarakat Desa [nama desa] dapat meningkatkan pengetahuan dan partisipasi aktif terhadap Program Keluarga Berencana, sehingga menciptakan keluarga yang lebih sejahtera dan berkelanjutan.
Demikian proposal ini kami susun dengan harapan mendapatkan dukungan dan persetujuan dari pihak-pihak terkait. Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.
[Tempat], [Tanggal]
[Penanggung Jawab]
[Posisi]

You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.